Wednesday, April 22, 2015

MAKALAH HTTP & FTP



BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
1.   HTTP
Istilah HyperText diciptakan oleh Ted Nelson yang pada gilirannya terinspirasi oleh Vannevar Bush 's mikrofilm berbasis " memex ". Tim Berners-Lee pertama kali mengajukan "WorldWideWeb" proyek - sekarang dikenal sebagai World Wide Web . Berners-Lee dan timnya dihargai dengan menciptakan HTTP asli bersama dengan HTML dan teknologi yang terkait untuk web server dan browser web berbasis teks. Versi pertama dari protokol hanya memiliki satu metode , yaitu GET, yang akan meminta halaman dari server. Respon dari server selalu merupakan halaman HTML.
Versi pertama didokumentasikan adalah HTTP HTTP v0.9 (1991). Dave Raggett memimpin Kelompok Kerja HTTP (HTTP WG) pada tahun 1995 dan ingin memperluas protokol dengan operasi diperpanjang, negosiasi panjang, lebih kaya meta-informasi, diikat dengan keamanan protokol yang menjadi lebih efisien dengan menambahkan metode tambahan dan field header. RFC 1945 secara resmi diperkenalkan dan diakui HTTP V1.0 pada tahun 1996.

2.      FTP
                 Di dalam FTP terdapat banyak perintah-perintah yang dapat kita gunakan, namun meskipun demikian program ini juga memiliki banyak kelemahan, namun demikian banyak manfaat yang dapat kita ambil edan untuk membahas kesemuanya itu kami akan bahas dalam pembahasan.




B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan HTTP atau Hyperteks Transfer Protocol ?
2.      Apa manfaat dari HTTP atau hypertext transfer protocol itu sendiri ?
3.      Apa yang dimaksud dengan FTP ?
4.      Apa Tujuan dari FTP?
5.      Apa saja Bentuk dan Macam – Macam FTP!
6.      Apa saja Kelebihan dan Kelemahan FTP?




BAB II
PEMBAHASAN

1.      HTTP
A.     Pengertian HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.
Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
Dukungan untuk HTTP/1.1 yang belum disahkan, yang pada waktu itu RFC 2068, secara cepat diadopsi oleh banyak pengembang penjelajah Web pada tahun 1996 awal. Hingga Maret 1996, HTTP/1.1 yang belum disahkan itu didukung oleh Netscape 2.0, Netscape Navigator Gold 2.01, Mosaic 2.7, Lynx 2.5, dan dalam Microsoft Internet Explorer 3.0. Adopsi yang dilakukan oleh pengguna akhir penjelajah Web pun juga cepat. Pada bulan Maret 2006, salah satu perusahaan Web hosting melaporkan bahwa lebih dari 40% dari penjelajah Web yang digunakan di Internet adalah penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1. Perusahaan yang sama juga melaporkan bahwa hingga Juni 1996, 65% dari semua penjelajah yang mengakses server-server mereka merupakan penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1. Standar HTTP/1.1 yang didefinisikan dalam RFC 2068 secara resmi dirilis pada bulan Januari 1997. Peningkatan dan pembaruan terhadap standar HTTP/1.1 dirilis dengan dokumen RFC 2616 pada bulan Juni 1999.
HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya), biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80). Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent. Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy, gateway, dan juga tunnel.
HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya. seperti disebutkan dalam "implemented on top of any other protocol on the Internet, or on other networks.", tapi HTTP membutuhkan sebuah protokol lapisan transport yang dapat diandalkan. Protokol lainnya yang menyediakan layanan dan jaminan seperti itu juga dapat digunakan..
Sumber daya yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), menggunakan skema URI http: atau https:.




B.     Ikhtisan Teknis
HTTP berfungsi sebagai permintaan-respon protokol di klien-server model komputasi. Sebuah web browser , misalnya, mungkin klien dan aplikasi yang berjalan pada komputer hosting yang sebuah situs web mungkin server. Klien menyampaikan pesan permintaan HTTP ke server. Server, yang menyediakan sumber daya seperti HTML file dan konten lainnya, atau melakukan fungsi lain atas nama klien, mengembalikan sebuah pesan respon ke klien. Respon ini berisi informasi status tentang penyelesaian permintaan dan juga mungkin mengandung konten yang diminta dalam tubuh pesannya.
Sebuah web browser adalah contoh dari agen pengguna (UA). Jenis lain dari agen pengguna termasuk perangkat lunak pengindeksan digunakan oleh penyedia layanan pencarian ( web crawler ), browser suara , aplikasi mobile dan perangkat lunak lain yang mengakses, mengkonsumsi atau menampilkan konten web.
HTTP dirancang untuk mengizinkan elemen jaringan menengah untuk memperbaiki atau mengaktifkan komunikasi antara klien dan server. Tinggi lalu lintas situs sering mendapat manfaat dari web cache server yang memberikan konten atas nama server hulu untuk meningkatkan waktu respon. Web browser cache yang sebelumnya diakses sumber web dan menggunakan kembali mereka jika memungkinkan untuk mengurangi lalu lintas jaringan. HTTP proxy server di jaringan pribadi batas dapat memfasilitasi komunikasi untuk klien tanpa alamat global routable, dengan menyampaikan pesan dengan server eksternal.
HTTP adalah sebuah layer aplikasi protokol yang dirancang dalam kerangka dari Internet Protocol Suite . Definisi mengandaikan sebuah mendasari dan dapat diandalkan lapisan transport protokol, dan Transmission Control Protocol (TCP) mendominasi untuk tujuan ini. Namun HTTP dapat menggunakan protokol tidak bisa diandalkan seperti User Datagram Protocol (UDP), misalnya dalam Simple Service Discovery Protocol (SSDP).
HTTP sumber daya diidentifikasi dan terletak pada jaringan dengan Uniform Resource Identifier (URI)-atau, lebih khusus, Uniform Resource Locators (URL)-menggunakan http atau https URI skema . URI dan hyperlink di Hypertext Markup Language (HTML) dokumen membentuk jaring antar-link hypertext dokumen. Di Internet yang World Wide Web didirikan pada tahun 1990 oleh ilmuwan komputer Inggris dan inovator Tim Berners-Lee .
HTTP/1.1 merupakan revisi dari HTTP asli (HTTP/1.0). Dalam HTTP/1.0 terpisah koneksi ke server yang sama dibuat untuk setiap permintaan sumber daya. HTTP/1.1 dapat menggunakan kembali sambungan beberapa kali untuk men-download gambar, script , stylesheet dan lain-lain setelah halaman telah disampaikan. HTTP/1.1 komunikasi karena itu mengalami kurang latency sebagai pembentukan koneksi TCP menyajikan overhead yang cukup.

2.      FTP
A.     Pengertian FTP
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
FTP ini mempunyai banyak tujuan yang dapat memberikan manfaat yang sangat penting bagi user atau pengguna. FTP juga memiliki banyak kelemahan serta kelebihan yang diantara kelemahan dan kelebihan tersebut bisa memberikan keuntungan atau kerugian bagi pemakai atau user.
Anonymous FTP berasal dari istilah bahasa inggris yang berarti anonym atau tanpa nama.Tanpa nama di sini tidak diketahui namanya, dimana identitas yang digunakan untuk mengakses informasi ke suatu server , terutma untuk pemakai umum. Pada FTP terdapat trivial file transfer protocol yang disingkat dengan TFTP.
FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.

B.     Tujuan dari FTP
·        Untuk tujuan sharing data.
·        Untuk tujuan indirect atau implicit remote computer.
·        Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
·        Untuk menyediakan transfer data yang reable dan efisien.

C.     Bentuk dan Macam – Macam FTP.
1.      Anonymous FTP
Istilah dari bahasa inggris yang berarti anonym atau tanpa nama. Tanpa nama, tidak diketahui namanya . Identitas yang digunakan untuk mengakses informasi kesuatu sever terutama untuk pemakai umum. Kadang istilah ini juga diartikan sebagai seorang yang menggunakan nama palsu atau mengisi data palsu.
Kadang kala disingkat dengan istilah anonymous FTP adalah suatu cara yang memungkinkan user dalam menjangkau dokumen, file, program, dan data lainnya dimanapun yang tersimpan di internet, tanpa perlu memasukkan nama login password.
·        Anonymous FTP Singkatan dari Anonymous file transfer protocol. Situs:site FTP yang dapat di akses
·        Anonymous-only logons, memperbolehkan akses remote dengan menggunakan account IUSR computername
·        File transfer protocol, protocol standar untuk kegiatan lalu-lintas file antara dua computer.

2.      Trivial File Transfer Protocol
Disingkat dengan TFTP. File transferprotocol yang cukup sederhana dan tidak terlalu aman digunakan khususnya untuk melakukan transfer data yang bersifat rahasia. Proses transfer datanya dilakukan dengan menggunakan User Datagram Protokol. TFTP ini mirip dengan file transfer protocol, bedanya adalah dalam hal protocol trans[ort yang lebih digunakan.

3.      FTP Client
FTP client adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan transfer file dalam lingkungan internet menggunakan standar dari FTP. Proses transfer file dalam lingkungan internet hampir sama seperti proses transfer dalam lingkungan Dos, hanya saja terdapat kelebihan.
Macam-macam FTP Client: ftp clien under windows, cute ftp, WS-FTP, ger right, GO!zilla, coffie cup, dll.

4.      FTP Server
FTP server adalah computer server yang memberikan akses FTP ke intranet maupun internet. Macam-macam software pembangun FTP server: FTPd, pro-FTPd, Wu-FTPd, ftpX,Troll-FTPD, dll.

Bentuk dasar dari FTP adalah FTP Host.domain 2 macam FTP berdasarkan hak aksesnya:
1.      FTP user artinya ftp yang dapat diakses dan memiliki permisi hanya di batasi untuk user tertentu. Karena ftp user disertakan suatu autentifikasi bila kita mengakses ke dalamnya.
2.      FTP anonymous, artinya FTP yang disediakan secara anonymous tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat diakses oleh siapapun dan biasanya tanpa password, ataupun bila diminta password. Biasanya server meminta alamat email kita sebagai passwordnya untuk ferivikasi.

D.    Kelebihan dan Kelemahan FTP
Kelebihan FTP
1.      FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data.
2.      FTP dapat mentransfer data.
3.      Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus (tidak satu persatu).
4.      Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file.
5.      FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program audit dan penanganan aount.
Kelemahan FTP
1.      FTP tidak aman dalam mentransfer suatu file karna file dirim tanpa di-enkripsi terlebh dahulu.
2.      Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem dimana-mana.
3.      FTP desainnya mash lemah sehngga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.

BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
HTTP atau kepanjangan dari Hypertext transfer protocol berfungsi sebagai permintaan respon protocol di klien server model komputasi dan sebagai penunjuk/ menunjukan informasi pada layer Aplication, Presentation dan Session,
FTP (File Transfer Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk memindah - mindahkan file kita dengan mudah nengupload dan mendownload file seperti dalam file-file dalam sebuah computer.
Tujuan dari FTP antara lain untuk sharing data, indirect atau implicit remote computer, tempat penyimpanan bagi user, menyediakan data yang reable dan efisien.
·     Bentuk dan macam-macam FTP.
a.       Anonymous FTP
b.      Trivial File Transfer protocol
c.       FTP client
Macam-macam FTP Client: ftp clien under windows, cute ftp, WS-FTP, ger right, GO!zilla, coffie cup, dll.
d.      FTP Server
·        Kelebihan dari FTP antara lain FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data, dapat mentransfer data, dapat melayani tukar-menukar file.
·        Kelemahan dari FTP yaitu tidak aman dalam mentransfer suatu file karna file dikirim tanpa di-enkripsi terlebih dahulu, Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem dimana-mana, FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.


B.     Saran
      Untuk membantu melihat alamat application atau blog yang sedang kita lihat maka lihatlah di HTTP karena http menunjukkan informasi pada layar application, presention dan session


No comments:

Post a Comment